Sabtu, 09 Juni 2012

Semua Desa di 10 Provinsi Sudah Punya PAUD

18.51

Jakarta --- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah menjadi gerakan nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal PAUDNI menargetkan akan mencapai angka partisipasi kasar (APK) PAUD 75 persen pada 2014. Salah satu caranya adalah dengan program satu desa satu PAUD yang dituangkan dalam rencana strategis (renstra) PAUDNI 2010-2014.
Berdasarkan renstra tersebut, hingga 2012 ada 10 provinsi yang telah memenuhi target. Kesepuluh provinsi tersebut adalah Sumatera Barat, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Kepualauan Riau.
“Sepuluh provinsi itu termasuk dalam 15.382 desa yang sudah memiliki PAUD dari total 67.172 desa,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, di kantornya, Selasa (5/06).
Selain program satu desa satu PAUD, untuk pendidik dan tenaga kependidikan taman penitipan anak dan kelompok bermain, akan diberikan bantuan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang D1. Bantuan tersebut akan diberikan pada 30 persen pengasuh TPA dan KB pada tahun 2013 mendatang.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk TPA dan KB minimal SMA/SMK. Namun kenyataannya sekarang masih ada PTK yang hanya lulusan SMP. Untuk itu diberi bantuan hingga D1. “Tahun 2012 ini belum dianggarkan, jadi baru dilaksanakan pada anggaran 2013,” tuturnya. (AR). sumber : kemendiknas.go.id

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Edu Fresh. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top